You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Belanga
Desa Belanga

Kec. Kintamani, Kab. Bangli, Provinsi Bali

"WARGA DESA BELANGA SULAP LIMBAH SAMPAH JADI RUPIAH" MELALUI BANK SAMPAH

Administrator 19 Maret 2022 Dibaca 97 Kali

belanga.desa.id-Kintamani.(12/03/2022), Siapa sangka sampah yang kita buang bisa bernilai rupiah. Seperti yang dilakukan warga Desa Belanga yang tergabung dalam Bank Sampah Induk Sahate Desa Belanga .
Manager Ni Kadek Poni Sintia Dewi mengatakan bahwa kelompoknya konsen di permasalahan pengelolaan sampah di Desa Belanga untuk memilah sampah yang bisa di daur ulang dan bernilai ekonomis.

"Kami akan konsisten terus mengenai pengelolaan sampah berawal dari rumah tangga, kami ada program gerakan memilah sampah dari rumah, kemudian sampah tersebut akan disalurkan ke bank sampah unit terdekat yang nantinya sampah itu ditimbang dan akan menjadi tabungan masyarakat Warga Kami Khususnya di Desa Belanga," kata Perbekel Desa Belanga I Made Warkadana,  (19/03/2022).

Bank sampah ini merupakan sebuah pengumpulan atau pengelompokan sampah yang melakukan transaksi penukaran sampah menjadi rupiah, nanti masyarakat bisa memilah di rumahnya masing-masing minimal menjadi 4 jenis.

"Keempat jenis sampah itu diantaranya sampah kertas, sampah besi, sampah logam dan sampah plastik," ucapnya.

Nantinya sampah tersebut diterima bank sampah unit dan akan dipilah lagi sesuai dengan spesifikasinya yang nantinya bank sampah unit akan di antar ke bank sampah Sahate Kabupaten Pangandaran untuk diolah dan akan di daur ulang lagi menjadi sebuah produk.

"Satu kilonya sampah plastik campuran diterima dengan Rp2.000 sampai Rp 2.500 per kilogram. Namun ada spesifikasi khusus dari plastik sesuai jenisnya seperti galon, panci dan jenis botol plastik lainnya. Jadi bisa kami terima sampai Rp6.000 sampai Rp7.000 per kilogram," terang Ni Kadek Poni Sintia Dewi selaku Manager Bank Sampah Giri Mekar Desa Belanga. (DB)


 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image