You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Belanga

Kec. Kintamani, Kab. Bangli, Prov. Bali

Tumbangnya Pohon "Keramat", Akses Jalan dan Listrik Padam


Tumbangnya Pohon

belanga.desa.id-Kintamani.(08/3/2019). Pagi dini hari sebuah pohon besar tumbang di sebelah utara kantor Desa Belanga, yang mengakibatkan akses jalan lumpuh dikarenakan banyaknya batang kayu besar sayng membetangi jalan Raya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini namum ada salah satu atap rumah warga yang tertimpa pohon dan mengenai penyengker pelinggih tugun Karang. kerugian ditaksir mencapai jutaan rupiah.

Penuturan salah satu warga desa menyebutkan, terjadinya pohon tumbang ini diperkirakan karena intensitas hujan yang tinggi dan disertai angin kencang menerjang desa Belanga "tyang kaget melihat pohon beringin besar itu jatuh, tyang juga tidak tau jatuhnya pohon beringin itu jam berapa. yang pastinya pagi dini hari" tutur Pak Budi

Pak Budi menyampaikan ke Awak Media "tyang ini baru bangun, tiba-tiba warga sudah ramai berkerumunan di sebelah utara Kantor Desa.

Akibat kejadian ini, akses publik seperti listrik PLN ikut terputus dikarenakan terkena reruntuhan pohon yang menimpa Kabel dan Gardu.

Jro Bendesa I Nyoman Karna Setyawan menghimbau pada masyarakat agar selalu tetap waspada adanya angin kencang disertai hujan deras, dan atas kejadian ini jro bendesa menyuruh warga Desa untuk membersihkan dan memotong runtuhan ranting-ranting pohon yang menutupi badan jalan. sehingga akses lalu lintas tidak terlalu lama terhambat

Pohon Beringin yang berusia puluhan tahun ini sudah lama disucikan oleh masyarakat Desa dan dipercaya "Pingit" atau Keramat. sebelum tumbangnya pohon keramat ini tidak ada tanda-tanda yang aneh. pasalnya pada pas hari raya pengrupukan kemarin warga desa belanga melakukan pecaruan 1 pasang sapi, betina dan jantan guna untuk meminta keselamatan Warga agar dijauhkan dari mara bahaya yang tak diinginkan.

"Seluruh warga sudah bergotong-royong untuk bersihkan puing-puing runtuhan pohon ini, namum listrik dari PLN sampai sekarang belum menyala, mungkin kami akan melalukan pemberitahuan kepada pihak PLN agar kejadian ini segera ditindaklanjuti" ujar Jro Bendesa di Lokasi. (DB)

Bagikan artikel ini:
Komentar